Fungsi Virtual Reality

Fungsi Utama Virtual Reality 

Hasil gambar untuk manfaat virtual reality

Virtual Reality tentu berbeda dengan Augmented Reality. Meski headset VR dijual dengan harga cukup terjangkau, masih banyak orang hanya menggunakan Virtual Reality hanya untuk menonton sebuah film dan bermain game.

1. Pelatihan Medis 

Fungsi Virtual Reality pertama ialah untuk keperluan pelatihan medis. Dengan menggabungkan alat-alat di dunia nyata dan dunia virtual, terciptalah simulasi pengobatan medis profesional untuk hal yang sulit dilakukan secara langsung. Tingkat akurasi dari simulasi tersebut juga cukup tinggi.

2. Pelatihan Militer 

Tidak jauh beda dengan medis, fungsi Virtual Reality juga biasa dilakukan untuk simulasi militer. Dalam prakteknya, hal yang sering diuji coba adalah latihan menembak, pelatihan strategi hingga menjinakkan bom.

3. Desain Otomotif 

Fungsi Virtual Reality di kehidupan nyata selanjutnya adalah untuk mendesain sebuah mesin kendaraan. Sejak beberapa tahun lalu, Ford sudah menggunakan VR dalam laboratorium miliknya.

4. Pendidikan 

Fungsi Virtual Reality selanjutnya hadir dalam dunia pendidikan. Sebuah situs bernama Immersive VR Education , memiliki beragam tutorial yang bisa dipraktekkan menggunakan Virtual Reality.

5. Desain Arsitektur 

Tidak mudah untuk membuat sebuah bangunan secara presisi. Untuk meminimalisir kesalahan, makan perancangan dengan virtual reality bisa dicoba terlebih dahulu sebelum memulai membuat aslinya.

 

 

0 Komentar