Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Augmented Reality

Cara kerja augmenteed reality

Augmented Reality bekerja berdasarkan deteksi citra, dan citra yang digunakan adalah marker.
Prinsip kerjanya yaitu kamera yang telah dikalibrasi akan mendeteksi, marker yang diberikan kemudian, setelah mengenali dan menndai pola marker, webcam akan melakukan perhitungan apakah markeh sesuai dengan data bes yang dimiliki. Bila tidak maka informasi maker tidak akan diolah, sementara jika sesuai dengan informasi marker akan digunakan me-render dan menampilkan objek 3d atau animasi yang telah kita buat sebelumnya.

Peranti Augmented Reality

Pada umumnya Augmented Reality membutuhkan alat masukan (input device) seperti kamera atau webcam, alat keluaran (output device) seperti monitor atau head mounted duisplay, alat pelacak (tracker) agar benda maya berupa penanda (maker) yang dihasilkan berjalan sesuai realtime atau mungkin interakttif walau benda nyata yang menjadi induknya digese geser, dan komputer untuk menjalankan program AR.

Kelebihan Augmented Reality

Kelebihan augmented reality jika dibandingkan dengan virtual reality yaitu pengembangannya yang lebih murah dan mudah. Selain itu kelebihan lain dari Augmented Reality yaitu di implementasikan secara luas diberbagai media. Sebagai aplikasi disebuah smartphone, console game, bingkisan sebuah, bahkan media cetak seperti buku, majalah.


Kekurangan Augmented Reality

kekurangan Augmented Reality sendiri dimana dalam pelacakan sudut pandang pengguna. Untuk mengetahui dari sudut pandang apa yang menarik citra virtual, aplikasi harus tahu dimana pengguna mencari didunia nyata.

Link Download

0 Komentar